MENGENAL TEKNIK PENGECORAN DI LAUT

Background Polos Warna Putih

Sering kita jumpai, pada infrastruktur jembatan bentang panjang di dalam maupun luar negeri yang melintasi laut. Di Indonesia sendiri tentunya kita tahu Jembatan Suramadu yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Madura melintasi Selat Madura, terlintas dalam benak kita bagaimanakah cara Insinyur membuat kontruksinya?

Cara dan Metode Cor di Air atau Laut

Metode Pipa Tremie

Teknik ini dipakai dalam jarak penuangan beton yang cukup jauh. Hoppe tremie berbentuk corong dan di ujung bawahnya tersambung dengan pipa umumnya berdiameter 250 mm. Proses pekerjaan dimulai dengan menuangkan campuran beton ke dalam hopper yang diteruskan melalui pipa dan keluar melalui pipa tersebut ke area pengecoran yang dituju.

Metode Pompa

Tahap pengerjaan dalam metode ini adalah dengan memompa beton langsung ke posisi finalnya. Pompa beton memiliki keuntungan efisiensi operasional dengan kecepatan waktu dan kebutuhan pekerja yang minimal.

Pengecoran Dengan Katup Hydro

Untuk teknik pengecoran di laut dengan katup hydro, maka perlu pipa nylon berdiameter 600 mm yang akan berfungsi dalam penuangan beton di dalam air atau di dalam laut. Di bawahnya akan ditemui silinder yang berguna sebagai pelindung pipa. Prinsip kerjanya, katup hydro hampir sama dengan pipa tremi yang menyalurkan beton segar ke dalam air lewat pipa.

Metode Toggle Bags / Karung

Caranya ialah dengan mengisi karung dengan beton segar. Fungsinya untuk memperlancar pengecoran di dalam air. Untuk menghindari kehilangan beton maka ditambahkan 10% semen pada adonan beton. Karung perlu untuk dipasak/dikekang hingga isian beton mengering/padat, baru kemudian dimasukkan ke dalam air. Karena dilakukan di dalam air, maka butuh penyelam untuk proses konstruksinya.

Konstruksi Caisson

Pondasi Caisson dirancang agar air dapat dipompa keluar dan lingkungan tetap kering. Teknik ini cukup efektif dalam konstruksi jembatan maupun menara yang melintasi air laut ataupun sungai. Konstruksi ini bersifat permanen sehingga rancangan konstruksi tidak perlu diangkat kembali karena sudah menyatu dengan pengecoran.

Konstruksi Cofferdam

Tidak seperti Caisson, konstruksi Cofferdam bersifat sementara. Dibangun di dalam atau di dermaga sehingga ada bagian dari struktur yang terlihat melintasi level air. Dirancang agar isi air dapat dipompa keluar dan lingkungan tetap kering. Umumnya terbuat dari struktur baja yang dilas dengan komponen yang terdiri dari sheet piles dan penahan cross bracing.

Dari penjelasan di atas, dapat dilihat bahwa teknik pengecoran di laut tentunya sangat berbeda dengan di daratan, dalam material tidak ada perbedaan tetap menggunakan beton cor atau ready mix, yang membedakan hanya mutu dan formulasi betonnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *